Header Ads

Dividen Hunter : CLPI

Logo CLPI

Dividen hunter adalah 'serial' analisa saham yang dikhususkan untuk mengetahui apakah saham tersebut layak dikoleksi untuk memperoleh dividen yang tinggi dimasa depan terhadap harga yang harus ditebus sekarang. Tentu dalam mencari saham dividen yang bagus, kita harus bisa memproyeksi labanya dimasa depan. Oleh karena itu saham dividen sebaiknya yang memiliki pertumbuhan atau laba bersih yang stabil, sehingga lebih mudah untuk diprediksi. Saham dividen bisa saja sekaligus value stocks maupun growth stocks, hal itu tentu sangat baik karena selain memperoleh return dari dividen, kita dapat memperoleh gain dari kenaikan harga saham.

Kali ini kita akan membedah saham PT Colorpak Indonesia Tbk(CLPI) yang bergerak dibidang manufaktur tinta cetak. Perusahaan ini IPO pada tahun 2001.

Website CLPI : http://www.colorpak.co.id/

Company Profile CLPI
 
Sumber : Youtube. Diupload oleh channel Colorpak Indonesia.

1. Balance Sheet



Sejak 2009 ekuitas CLPI naik dari Rp 115 miliar menjadi Rp 428,7 miliar pada tahun 2016. Pertumbuhan ekuitasnya menurut saya cukup baik. Liabilitas perusahaan ini cukup rendah, walau mereka punya utang bank jangka pendek. Overall permodalannya cukup sehat.

2. Earning dan Profit Margin




Dari tahun 2009 sampai 2016 laba bersih bertumbuh dari Rp 30,9 miliar ke Rp 63 miliar. Pertumbuhan tersebut tergolong oke namun tidak stabil setiap tahun, pada tahun 2013 dan 2015 laba drop cukup dalam Pada tahun 2013 manajemen mengakui penurunan laba bersih karena kenaikan nilai tukar USD yang membuat biaya bahan baku meningkat dan menggerus margin keuntungan walaupun pada tahun tersebut pendapatan mereka meningkat. Pada tahun 2015 perusahaan mengakui terjadi penurunan penjualan karena perlambatan ekonomi.

ROE dan ROA rata-rata dalam 5 tahun terakhir adalah 14% dan 8,3%, yang terbilang cukup bagus.

CLPI memiliki profit margin yang oke(NPM 9,75%) namun cukup fluktuatif mungkin karena bahan bakunya sangat terpengaruh terhadap nilai tukar USD. Proyeksi laba 2017(berdasarkan LK Q2) adalah Rp 50,82 milyar(semester 1 Rp 25,4 miliar) seharusnya laba tersebut dapat mencapai Rp 57 miliar sesuai terget manajemen.

3. Growth Rate



Melihat rata-rata pertumbuhan sejak 2009 dan pergerakan laba bersih, CLPI adalah growth stock. Dengan growth ekuitas dan laba bersih secara C.A.G.R. bertumbuh sebesar 20,64% dan 10,78%, bisa dikatakan CLPI sedang bertumbuh namun tidak pesat dan pergerakan laba bersih cenderung dipengaruhi nilai kurs.

4. Rasio Valuasi


Pada saat artikel ini ditulis, CLPI dihargai dengan PBV 0,72 dan PER 6,03 di harga Rp 1.000. Dengan rasio ini, sekilas valuasi ini bisa dianggap murah namun mengingat growth perusahaan ini yang tidak terlalu bagus valuasi ini menurut saya cukup fair.

5. History dan Proyeksi Dividen



Tiap tahun perusahaan ini selalu membagikan dividen dari tahun 2009. Rata-rata 3 tahun terakhir, Dividen Payout Ratio adalah 31,75%. Dengan EPS yang tidak stabil namun cenderung meningkat. Berdasarkan laba bersih dari Q2 yang disetahunkan memperoleh EPS Rp 165,91 dan bisa diproyeksikan dividen untuk tahun buku 2017 kurang lebih Rp 52,68.

Jika asumsi target laba bersih tercapai maka EPS menjadi Rp 186, sehingga membuat proyeksi dividen naik ke Rp 59 atau dengan range Rp 50 - Rp 60. Perlu diketahui proyeksi tersebut bisa lebih tinggi atau rendah tergantung keputsan dalam RUPS.

Dengan asumsi harga yang akan ditebus adalah Rp 1000 maka dividen yield yang akan kita dapat adalah 5,27% dan jika target laba bersih tercapai dividen yield menjadi 5,9%(range probabilitas 5%-6%). Yield ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata yield dividen saham blue chips di bursa sekitar 2-3%.



Dari kebiasaannya sejak 2009, CLPI biasanya membagikan dividen pada pertengahan tahun sekitar bulan Juni sampai Agustus.

KESIMPULAN

Berdasarkan data-data diatas, menurut saya CLPI cukup layak dibeli untuk investasi karena dividennya yang cukup menarik, selain itu permodalan sehat dan growth juga cukup baik namun dengan catatan fluktuasi laba menyiratkan bahwa perusahaan ini tidak memiliki MOAT yang cukup kuat untuk menentukan harga dan mendapatkan konsumen yang tetap.


Jika ingin menganalisa CLPI lebih lanjut baca analisa fundamental yang lebih mendalam mengenai CLPI di blog teman saya ==> http://invest-student.blogspot.co.id/2017/09/analisa-fundamental-pt-colorpak.html


Demikianlah sedikit ulasan Saham Dividen Hunter : CLPI. Semua tulisan ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis. Penulis tidak pernah mengenyam pendidikan atau kursus untuk belajar akuntansi atau corporate finance, jadi jika ada kesalahan saya mohon berikan kritik dan saran melalui kolom komentar. :)

Tidak ada komentar